Cara Mengatasi Google Search Console Yang Error Dan Tidak Dapat Mengindeks

 


Googel search console, merupakan hal yang sangat penting bagi seorang blogger. Baik blogger pemula maupun blogger yang sudah lama. 

Tapi, gimana jadinya jika google search console yang kita gunakan mendadak menjadi error seperti gambar diatas. 

Sebenarnya ada beberapa faktor yang membuat google search console tidak bisa mengindeks artikel kita. Seperti akun blog masih baru sekali, ada masalah pada tempalte, dan struktur blog belum rapi. Maka dari itu, kita harus merubahnya.

Kebanyakan, masalah artikel kita tidak bisa diindeks oleh google search console adalah karena terdapat masalah pada bagian template. Biasanya jika blog kita baru saja dibuat, maka kita dianjurkan untuk menggunakan template yang dari blogger. Tapi tidak ada salahnya juga jika kita menggunakan template lain selain dari blogger.

Akhir-akhir ini, saya mengalami masalah yang sama dengan google search console saya. Ketika saya men submit link artikel saya, tiba-tiba tandanya tidak menjadi centang yang berwarna hijau. Tepatnya seperti gambar diatas.

Jadi URL artikel saya sudah ada di google tapi tidak dikirim ke peta situs. Padahal peta situs itu sangatlah penting bagi artikel blog kita supaya artikel kita bisal muncul di pencarian orang. 

Karena itu, walaupun URL artikel kita sudah ada di google, tapi belum dikirim ke peta situs, maka bisa jadi artikel kita belum muncul di laman pencarian orang lain. 

Lalu gimana cara mengatasinya?

Saya akan menjelasakannya berdasarkan pengalaman saya sendiri.


Ganti Template Blog Kalian.

Seperti yang saya bilang diawal, salah satu faktor artikel kalian tidak bisa diindeks oleh google search console adalah terdapat masalah pada template blognya. Jika kalian menggunakan template blog lain selain dari yang disediakan oleh blooger, atau kalian mengambil/membeli dari sebuah website. maka saya sarnkan jika kalian langsung ganti saja dengan template yang di sediakan oleh blogger. Itu adalah masalah yang saya alami. Dan ketika saya langsung menggantinya dengan template dari blogger, tiba-tiba artikel saya langsung adapat diindeks semua.


Belum Ada Artikel Di Laman Blog Kita.

Jika kalian masih baru saja membuat sebuah blog, dan belum membuat artikel sama sekali, tapi kalian langsung mengetikkan domain kalian ke google search console, maka pasti tidak akan terdeteksi. Mengapa demikian? Karena, google webmaster atau google search console memang dibuat untuk Mengindeks tulisan artikel saja.


Rapikan Laman Blog Kalian.

Biasanya, laman blog kita yang tidak rapi juga bisa mempengaruhi penyebab artikel kita tidak bisa diindeks oleh google webmaster. Jadi, kalian harus merapikannya terlebih dahulu. Caranya kalian bisa mengedit menu dan sub menu yang ada di navigasi header atau bagian tertentu lainnya di bagian tata letak. Supaya artikel kita bisa diindeks oleh google webmaster.


Nah, diatas adalah langkah-langkah cara mengatasi artikel kita yang tidak bisa diindeks oleh google webmaster. Jika masalah kalian tidak ada di dalam artikel ini, kalian bisa mencari tahu masalah kalian di laman google webmaster kalian masing-masing. Ketika kita mengindeks sebuah artikel, pasti ada tulisan Pelajari lebih lanjut. Maka kalian klik tulisan tersebut. Dari situ, biasanya google akan langsung menjelaskan tentang masalah kalian dan bagaimana cara menanganinya. Semoga membantu :)